Header Ads

Sumpah pemuda yang tak muda lagi




Bagaimana bisa menjalankan sumpahnya
jika isi sumpahnya saja sudah banyak yang lupa !
bagaimana bisa mengamalkan sumpahnya
jika isi sumpahnya sudah tidak diketahui lagi !

diakhir tanggal 28 oktober 2013 ini ada baiknya kita merenung tentang masa lalu, tentang kisah sejarah pemuda pemudi Indonesia yang berjuang dan berkumpul membulatkan tekad untuk bersatu demi kemerdekaan negrinya.

85 tahun lalu di kongres pemuda mereka berikar tentang persatuan Indonesia dengan ikrarnya yang bernama sumpah pemuda sebagai wujud keinginan berdirinya negara indonesia.



Isi sumpah pemuda

 Sahabat, mungkin kita tidak menjadi saksi pada peristiwa kongres pemuda itu, mungkin kita juga tidak mengalami masa ketika itu, tapi semangat, kesungguhan dan keberanian mereka dapat kita rasakan ketika kita membaca catatan sejarah tentang sepak terjang pemuda indonesia dalam menghadapi penjajah, mereka bersatu dan bahu membahu menjadi satu.

Apa yang terjadi dengan sumpah itu sekarang ?


Mungkin sekarang sumpah sudah tertimbun oleh waktu yang lama, sehingga tidak sedikit yang lupa apa itu sumpah pemuda, apa isinya dan apa tujuannya. Mungkin sumpah itu sudah terlalu tua buat pemuda jaman sekarang. lalu bagaimana apakah sebuah sumpah dapat dijalankan apa bila isinya saja mulai terlupakan atau apakah sebuah sumpah bisa diamalakan bila sumpahnya telah hilang ?

ini mungkin hanya pikiran sempit semata. Diluar sana masih banyak pemuda yang masih mengingat sumpah pemuda dan menjalankan isi sumpah tersebut sesuai dengan bidangnya masing-masing untuk negri ini. 


“Mungkin itu sebuah sumpah lama tapi masih
akan berlaku dulu, sekarang dan esok”


Padamu negeri kami berjanji
Padamu negeri kami berbakti
Padamu negeri kami mengabdi
Bagimu negeri jiwa raga kami

Sumpah pemuda yang tak muda lagi Sumpah pemuda yang tak muda lagi Reviewed by sahabat baca on October 28, 2013 Rating: 5

No comments

terima kasih sudah bersilahturahmi di blog ini
silahkan berkomentar di sini :

Recent Posts

Recent in Tech

3/Technology/post-list