Header Ads

Tak ada dongeng dan kisah sebelum tidur lagi

“malam semakin larut, teringat ketika dahulu sebelum tidur didongengkan oleh ayah/ibu | apakah jaman sekarang masih ada orang tua yang melakukannya”



Dongeng sebelum tidur atau kisah sebelum tidur, dahulu ketika saya dan adik-adik kecil selalu berkumpul ditempat tidur ketika akan tidur untuk mendengarkan dongeng, fabel, kisah kepahlawanan atau cerita rakyat. Tak jarang dari kami untuk minta diceritakan cerita yang sudah pernah diceritakan.

Terkadang ibu atau ayah yang bercerita namun sebelum mendengarkan kami diminta untuk berdoa dahulu sebab tak jarang ketika beliau bercerita sebelum habis ceritanya terkadang adik atau saya sudah tertidur.Itulah sepenggal masa kecil kami dahulu.

Mungkin kini itu hanya menjadi aktifitas masa lalu dan tak banyak orang tua yang masih meneruskan cerita itu. mungkin karena kesibukan, kelelahan sebab aktifitas yang dilakukan dari pagi atau sebab lain. Sebenarnya banyak manfaat dari mendongeng atau bercerita.

Diantara manfaat bercerita dongeng.
                              
Menambah keakraban
Dengan mendongeng atau bercerita dapat menambah keakraban dan kedekatan antara anak dan orang tua. 

Meningkatkan motivasi
Dari cerita yang didengar, anak dapat termotivasi untuk melakukan kebaikan dan hal-hal positif. Sehingga akan membekas dalam kehidupannya.

Mengambil pelajaran
Tidak semua cerita berakhir happy ending, ada yang berakhir dengan tokoh utama yang kalah sebab sombong atau kesalahannya. Dari cerita tersebut anak dapat mengambil pelajaran jika anak melakukan hal yang salah maka akan mendapatkan ganjarannya.

Meningkatkan daya imajinasi
Tak dapat dipungkiri dunia anak-anak adalah dunia yang lekat dengan imajinasi. Ketika sipenutur bercerita maka dunia imajinasi mereka pun mengikuti kisah si penutur.

Ya itu mungkin hanya sedikit dari banyaknya manfaat bercerita atau mendongeng.

“Mungkin sebagian orang akan berkata saya tidak bisa mendongeng atau dongeng saya udah habis diceritakan semua dan anak-anak tidak mau dengan dongeng yang diulang-ulang”

Mungkin tidak bisa mendongeng atau kehabisan stok dongeng tapi tenang sebenarnya itu bisa diakali dengan membaca buku dongeng, kisah-kisah, cerita rakyat. Selain membacakan cerita kepada anak kita juga tambahan wawasan dari apa yang kita bacakan.


"mari bercerita mari mendongeng dengannya kita menyampaikan pesan didalamnya, dengannya kita mengajak bermain imajinasi anak"


Sebagai penutup postingan ini sebuah lirik lagu yang mungkin dapat membuat kita bersemangat untuk mendongeng.

Sebuah Lirik Lagu Wayang Dongeng


Di malam ini aku tak dapat
Memejamkan mata terasa berat
Bagai diri terikat mimpi wow..wow
Kuingin satu, satu ceria

Pengantarku tidur biarku terlelap
Mimpikan hal yang indah
Lelah hati tertutupi
Reff:                   

Dongeng sebelum tidur
Ceritakan yang indah biarku terlelap
Dongeng sebelum tidur
Mimpikan diriku mimpikan yang indah

Gelisahku tak menentu
Pikiran melayang (pikiran melayang)
DI benakku hanyalah ada
Lelah kian terasa

Dongengmu sebelum tidur
Ceritakan yang indah biarku terlelap
Kembali ke Reff.
Aneka banyak cerita

Ceritakanlah semua hingga ku terlelap
Dongeng sebelum tidur
Mimpikan diriku mimpikan yang indah

Tak ada dongeng dan kisah sebelum tidur lagi Tak ada dongeng dan kisah sebelum tidur lagi Reviewed by sahabat baca on October 02, 2013 Rating: 5

1 comment

  1. Membacakan dongen saya rasa masih diperlukan juga. Anak anak perlu dibawa ke alam mimpi indahnya di saat lelapnya tertidur. Anakk saya saja masih ingin minta ayahnya membacakan buku cerita anak anak Muslim sebelum dia tidur

    ReplyDelete

terima kasih sudah bersilahturahmi di blog ini
silahkan berkomentar di sini :

Recent Posts

Recent in Tech

3/Technology/post-list