Header Ads

menghapus pikiran sempit

 Dunia ini semakin sempit dan menghimpit untuk anda yang selalu berpikir sempit 

pikiran yang membangun pribadi kita

Mungkin diantara kita sempat berpikir kenapa hidup ini kok susah, orang lain serasa mudah melakukan ini dan itu dan serasa itu semua mudah dilakukan tanpa hambatan sedangkan kita gagal dan kegagalan yang selalu menjemput. Akhirnya kita pun berkata “tuhan tidak adil kepadaku, mana janji-Nya kalau tuhan maha adil, maha permberi dan maha penyayang !”  (Astaufirullah)

       Jika memang ada diantara kita berpikir demikian cepat-cepat ubah jalan pikiran seperti itu. Tidakkah kita itu diberi kelebihan dan kekurangan dalam kehidupannya dari pada orang lain. Bukankah sebagai mahluk sosial, manusia membutukan manusia lain untuk saling melengkapi ?
       Lihatlah kedalam diri kita dan lihatlah kesekeliling lalu bandingkan dengan keadaan kita, apa yang didapat ?
     Manusia itu tidak terlepas dari manusia lainnya untuk melengkapi kebutuhan hidupnya jadi jangan punya anggapan bahwa kita itu sendiri selalu yang paling susah dan  Tuhan tidak adil keluarlah dari pikiran itu kalau ingin hidup dengan lebih lapang serta semua orang akan salut kepada anda.


“ Anda adalah cerminan dari pikiran anda sendiri”
(Syekh Muhammad Al Ghazali)


Caranya Bagaimana ?

1) Positifkan pikiran anda
    bertukar pikiran dengan teman yang kita anggap dapat menjaga rahasia, lebih baik  dan nyaman untuk curhat tentang masalah kehidupan kita. Pikiran negatif dan lemah akan memyempitkan pergerakan dalam aktivitas keseharian kita, menghambat kita dalam memajukan kita agar dapat menjadi orang yang lebih baik dalam visi dan misi hidupnya, tidak berani maju di kancah dunia dan tidak berani mengambil resiko dalam kehidupannya.

2) Syukuri Semua Pemberian Tuhan 


    bersyukur adalah jalan yang ampuh untuk menghilangkan pikiran negatif, sempit, lemah, dan buruk sangka kepada Tuhan dan orang-orang disekitar kita. Sebab belum tentu apa yang diberikan tuhan kepada kita juga dirasakan atau dipunyai seseorang, sehingga kita akan menjadi lebih positif dan semangat menjalani hidup ("ingat tapi dengan begini bukan berarti kita jadi berlaku sombong").

3) Minta Pertolongan Tuhan
    Cara ini adalah yang paling baik, curhatlah dengan-Nya dan yakin masalah kita dapat terselesaikan jika kita bersungguh-sungguh, jika belum bersabarlah, sebab tuhan bersama orang-orang yang sabar hingga kita menjadi tentram dan berpikiran jernih.

lakukan ini dengan sungguh-sungguh, mohon pertolongan dan lindungan Allah, Insyallah hidup akan berubah cerah, dan kenikmatan akan datang bertubi-tubi menghapus jejak-jejak pikiran sempit kita yang dahulu. 

Mulai dari sekarang.
                                             Mulai dari diri sendiri,
                             Mulai dari hal yang kecil,
                                                    (Abdullah Gymnastiar) 
  



menghapus pikiran sempit menghapus pikiran sempit Reviewed by sahabat baca on April 22, 2015 Rating: 5

No comments

terima kasih sudah bersilahturahmi di blog ini
silahkan berkomentar di sini :

Recent Posts

Recent in Tech

3/Technology/post-list