Header Ads

semut-semut kecil


Semut  

:( Item-item kecil berjejer  naik turun apaan tu ?

Pasukan semut push up :)
 

 
Pernah berpikir koloni para semut pada demo di depan gerbang gedung PBB di Amerika sana gara-gara menuntut keadilan kasus bangsanya yang meninggal dikarenakan kelalaian atau kesengajaan manusia atau para koloni semut sedang membuat rencana untuk mengusai bumi. Mungkin tidak, sebab ini hanyalah rekaan saja.


Ngomongin si semut yang jika digabungkan dengan saudara-saudara serangganya dapat melebihi jumlah manusia. Mungkin semua orang sudah pernah melihat mahluk ini mulai dari yang item kecil hingga semut dalam versi lainnya tentunya. mahluk ini hidup berkoloni dengan dipimpin seekor ratu dan masyarakat pekerjanya. 



semut (bahasa inggris: ant) walau tubuhnya kecil ia diberi kelebihan mampu mengangkat benda yang beratnya hingga 50 x dari berat badannya, ini membuat saya berpikir kenapa film godzila hewanya adalah hewan jenis iguana/kadal yang terkena radiasi kenapa bukan semut

selain itu semut tidak termasuk hewan yang serakah walau memiliki kemampuan yang hebat ia tidak akan membawa makanan besar yang ditemukannya sendiri untuk dijadikan hak pribadi melainkan ia bersama teman berbagi bersama koloninya. Tidak pula si semut memrintah temannya untuk mengerjakan tugasnya membawa makanan ke sarangnya semua tugas dibagi rata sesuai dengan kemampuannya sebab sang semut telah lahir duluan (senior).

semut juga berkomunikasi untuk kelangsungan hidup koloninya. menurut tim peniliti dari Amerika jalur komunikasi semut itu bagaikan jaringan alur internet

 WASHINGTON - Tim peneliti dari Amerika Serikat mengatakan bahwa semut yang mencari makanan, cenderung menampilkan perilaku yang mencerminkan atau menyerupai protokol yang digunakan untuk pengendalian lalu lintas data internet.

Dilansir Softpedia, Selasa (28/8/2012), temuan ini dilakukan oleh para peneliti dari Stanford University. Penelitian mereka melibatkan kolaborasi antara biologis semut dan ilmuwan komputer. Dua kolaborasi tersebut mampu mengambil tampilan yang sangat dekat terkait bagaimana semut mampu berkomunikasi.

Selain itu, temuan dari penelitian ini juga mengungkap lahirnya sebuah istilah yang dinamakan "anternet". Studi mereka menitikberatkan pada penggalian informasi serta meneliti bagaimana hewan itu memutuskan untuk mengirimkan sejumlah semut-semut pemburu untuk mencari makanan.

Tidak semua semut-semut pemburu atau pengumpul makanan itu meninggalkan sarang mereka di waktu yang sama. Terdapat proses rumit dimana mereka mampu memutuskan untuk mengirimkan sejumlah semut untuk keluar dari sarangnya.

Peneliti menilai proses komunikasi yang dialami semut itu cukup kompleks, mirip dengan jaringan protokol internet. Peneliti menemukan bahwa sistem komunikasi itu terlihat serupa dengan bagaimana protokol internet menetapkan berapa banyak bandwidth yang tersedia untuk melakukan transfer data.

sumber : okezone.com/2012/agustus/28

inilah kehebatan lain dari sisemut walau pun tak kenal komputer dan internet namun mereka berkomunikasi layaknya sistem komputer.

selain itu semut juga mempunyai rasa solidaritas yang tinggi sebagai mana yang ada dalam kutipan di bawah ini.


Ketika seekor semut mati, teman satu sarangnya dengan segera mengevakuasi dan menyingkirkannya. Dengan begitu, resiko koloni tersebut terinfeksi suatu wabah penyakit dapat diminimalisir.

Tetapi bagaimana mereka mengetahui rekannya sudah mati? Ada teori yang menyebutkan bahwa semut mati melepas zat kimia yang dihasilkan oleh pembusukan, semisal asam lemak. Bau zat kimia itu menjadi pertanda kematian mereka bagi koloni semut yang masih hidup
http://theluckiestman21.wordpress.com/2010/april/25


 Ini saja dahulu cerita hari ini, kurang lebihnya mohon di maafkan. tulisan diatas semoga dapat menjadi inpirasi untuk saya dan sahabat baca, walau pun semut merupakan mahluk kecil dan terkadang dianggap remeh namun ketika mereka bersatu dapat membentuk suatu koloni yang dapat menjalankan kehidupan lebih baik.





suit jawa: gajah, manusia dan semut

   
“gajah bisa mengalahkan manusia
     
     
         manusia bisa mengalahkan semut
   
     semut bisa mengalahkan gajah“





inpirasi saat menyapu halaman ketika melihat semut yang jalan berbaris beriringan disertai dedaunan yang gugur ditiup angin

semut-semut kecil semut-semut kecil Reviewed by sahabat baca on October 06, 2012 Rating: 5

17 comments

  1. ngomongin semut,
    gue pernah ngerasa berdosa ama mereka ...gue pernah ginjek semut dan si semut mati.....

    sampe akhirnya gue sadar , bahwa mereka itu terlalu kecil jadi wajar kalo keinjek

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau wajar di injek, gemana kalau mas bebek di injek dengan raksasa :D

      Delete
  2. Ternyata semut memiliki solidaritas lebih dari pada manusia..Nice post :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk yang ini saya kurang tahu sebab belum pernah melakukan pelitian :D

      Delete
  3. semiut-semut di dinding
    diam-diam merayap...

    ReplyDelete
  4. postingannya bagus, blognya baguuss,
    tanpa pikir panjang langsung aku follow :D


    ReplyDelete
  5. Ya bener, pas semut mati banyak yang gotong dia.
    Pas ketemu itu saling menyapa :)
    Ada makanan dibagi bareng, iya yayaya, Ternyata keahlian mereka berinteraksi melebihi sitem manusia yang kita tahu ya. Subhanallah, semuut semuut

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mbak putri, belajar dari mana tu semut :D
      tapi memang semut sudah diciptakan begitu

      Delete
  6. sering lihat semut di rumput halaman rumah

    ReplyDelete
  7. tapi kayaknya semut sekarang udah agak serakah. Kalo dulu kan ada gula ada semut, sekarang ada apa aja ada semut :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...Betul, Betul, betul!!!

      Bahkan, baju-pun bisa di-semut-in !! ckckck..

      Delete
    2. ya memang begitu mbak rahmi memang semut seperti itu tapikan dia tidak serakah pada sesama semut :D


      kalau di baju semut biasa mencari hunia baru yang lebih nyaman sebab rumah lamanya udah dirusak oleh oknum tidak bertanggung jawab :D

      Delete
  8. duuuh, kesengsem ama tuh semut. Animasinya oke punya. Btw itu logo stikernya apa bikin pake AI, ya (hiksss, pengin deh belajar gambar)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak tahu mbak tanty, itu saya ambil dari mbah google

      Delete

terima kasih sudah bersilahturahmi di blog ini
silahkan berkomentar di sini :

Recent Posts

Recent in Tech

3/Technology/post-list