Header Ads

Gerobak pasir bertabur bintang


“ malam yang tenang bintang-bintang pun bertaburan menampakkan keindahannya walau sunyi sepi bintang-bintang tak risih dengan semua itu mereka tetap bersinar membentuk pola-pola tertentu"

keindahan bintang di malam hari 



Tulisan ini terilhami ketika saya membantu paman mendorong gerobak pasir untuk pembuatan rumah. Waktu itu lepas magrib paman meminta bantuan saya untuk mendorong gerobak pasir. Akhirnya lepas isya kami pun turun untuk memindahkan pasir di depan gang.


 Sepanjang perjalanan hanya ada kesunyian dan beberapa kendaraan yang berjalan menuju rumah kediaman masing-masing. Namun malam itu begitu indah dirasa langit terang dengan bintang yang bersinar terang yang tak terusik dengan kesunyian di bawah kolong langit.


Ya begitulah yang di lihat langit begitu indah cahaya bintang berkerlap kelip menghias langit yang gelap, bintang-bintang begitu asik bermain cahayanya membentuk pola/rasi bintang yang beberapa telah di kenal sejak jaman dahulu dan diantara pola-pola itu terdapat beberapa yang di gunakan sebagai penunjuk empat arah mata angin.

 rasi bintang pari/ crux yang berbentuk seperti layang-layang yang terletak di dekat arah selatan

rasi bintang waluku/ orion yang berbentuk  seperti pemburu  terletak di arah barat dan pada jaman dahulu serin juga di gunakan sebagai pertanda musim bercocok tanam


Rasi Bintang Biduk/ Beruang Besar/ Ursa Major, menunjukkan arah Utara.

Rasi Bintang scorpion/ kalajengking, menunjukkan arah tenggara/timur.


kembali kecerita gerobak pasir yang bertabur bintang, ketika malam semakin larut akhirnya kami (saya dan paman) memutuskan untuk melanjutkan mengangkut pasir lepas sholat subuh esoknya.

                                                                        #
esoknya selepas sholat subuh kami melanjutkan mengangkut pasir lagi. langit masih gelap dan belum ada kendaraan yang berlalu lalang. di langit bintang pun masih banyak berkerlap kerlip ada yang besar dan kecil. semakin pagi bintang-bintang itu mulai menghilang karena cahaya sang raja siang yaitu matahari yang juga termasuk bintang. namun ada yang lain sebuah bintang yang masih menampakan cahayanya sampai sang matahari muncul di ufuk timur dan dia pun menghilang. selidik punya selidik bintang itu bernama bintang kejora yang ternyata bukan termasuk bintang melainkan sebuah pelanet venus.


planet venus sering juga disebut bintang kejora

menurut buku yang pernah saya baca cahaya bintang yang saya lihat  ini berasal dari cahaya yang bersianar bertahun-tahun cahaya. benar ndaknya coba tanya mbah google atau orang mengetahui tentang astronomi.

ketika planet venus/ bintang kejora itu menghilang kami pun telah selesai memindahkan pasir ketempatnya. walau lelah ada pelajaran yang saya dapat dari bintang-bintang tersebut. 



“Selalu memberi sinar walau gelap, sunyi dan sepi di sekitarnaya“



Gerobak pasir bertabur bintang Gerobak pasir bertabur bintang Reviewed by sahabat baca on March 25, 2013 Rating: 5

No comments

terima kasih sudah bersilahturahmi di blog ini
silahkan berkomentar di sini :

Recent Posts

Recent in Tech

3/Technology/post-list