Header Ads

lebaran seperti blogwalking

  

 Ramadhan sudah lewat lebih dari seminggu berarti syawal juga sudah dijalani lebih dari seminggu. Banyak pelajaran yang dapat diambil dari bulan puasa tahun ini untuk sebelas bulan kedepan hingga kita dapat bertemu kembali dengan bulan ramadhan tahun depan Insyallah. Berhubung masih dalam suasana lebaran di bulan syawal ini tidak ada salahnya saya mengucapkan :

 

Taqoballahu Minna Wa Minkum

Minal Aidin Walfaizin

Mohon maaf lahir & batin

Asalamualaikum, dan salam sejahterah untuk kita semua, apa kabar sahabat baca lama sudah kita tak bersua di sini. Sudah sebulan blog ini tidak ada postingan baru kalau pun ada itu hanya menaikan postingan tua di blog ini dan sesekali saja blog walking. Kini semua sudah kembali ke keadaan sedia kala dan saya ingin memulai kembali menulis di sini.
 Tak terasa ramadahan udah lewat dan syawal sedang kita jalani lebih dari seminggu. Mungkin dari sebagian dari sahabat baca ada yang mudik di akhir bulan ramadhan untuk sungkeman dengan orang tua saat Idul Fitri di kampung, ada juga yang berlibur pergi berwisata, ada yang tidak mudik atau pergi berwisata seperti saya yang tinggal bersama orang tua dan keluarga yang tidak jauh tinggalnya. Apa pun Idul Fitri sahabat baca kini semua itu telah usai karena dibatasi oleh waktu sehingga kita harus kembali pada rutinitas semula.


Sedikit ingin bercerita tentang Idul Fitri/lebaran di daerah saya

lebaran di sini berlangsung lama mungkin jika di daerah sahabat baca lebaran hanya dua hari, lain halnya di tempat saya lebaran bisa mencapai waktu setengah bulan atau dua minggu. Sahabat baca pasti paham dengan “BlogWalking” seperti itu juga lebaran disini saling balas kunjungan teman, kerabat dan keluarga yang datang ke rumah.
blogwalking didunia nyata
satu hal lagi disini juga ada festival meriam karbit sebagai acara penyambutan lebaran Idul fitri. Meriam yang terbuat dari kayu gelodongan dengan air dan batu karbit (kalsium karbida/CaC2) sebagai bahan untuk membuat dentuman, festifal ini dimaikan di tepian sungai kapuas.

 meriam karbit ditepian sungai kapuas

selain itu ada juga kuliner yang hanya dapat saya temukan setahun dua kali  pada waktu idul fitri dan lebaran haji yaitu lepat lau makanan yang berbentuk seperti lemper namun tiada isinya kalau pun ada biasanya diisi oleh kacang merah terkadang dimakan dengan  rendang daging sapi atau sambal kentang. Saya kurang tahu cara membuatnya sebab di rumah juga tidak ada yang tahu cara membuatnya. Biasanya saya di beri oleh teman saya yang bersuku melalyu.

lepat lau yang ditandai dengan warna merah



Demikian sedikit cerita saya sebagai pelemasan otot jari tangan dan pemanasan otak sehabis lebaran. Kurang lebihnya saya mohon maaf.


 
lebaran seperti blogwalking lebaran seperti blogwalking Reviewed by sahabat baca on August 29, 2012 Rating: 5

23 comments

  1. andai aja blogwalking didunia maya yang bisa nyuguhin kue dan minuman biar tambah akrab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf lahir batin mas.. kalo disini gak nyediain kue.. kirimin pulsa 5000 aja biar lebih akrab gitu ceritanya.. :D

      Delete
    2. Mohon maaf lahir dan batin ,
      "lebaran seperti blogwalking" ,betul juga tu mas...
      Bedanya kalo didunia maya blogwalkingnya cuma bisanya nyediain gambar makanan ama minuman bukan yang asli..wkwkwkwk

      Delete
    3. kompakan ber3

      @Djuju_jojo : kalau mau bisa makan dan minum yang sesungguhnya mending mas juju Kopdar aja hehe....

      @Agus suparwanta : maaf lahir batin juga mas agus,
      minta pulsa 5000 biar lebih akrab ini modus mama
      minta pulsa gaya baru ya :D

      @beebekkkk : maaf lahir batin juga,
      mungkin nanti BW entah tahun 2000 berapa gitu
      bisa BW sekalian kopdar jadi satu hehe....

      Delete
  2. kalo ane blogwalking nyari angpow sob :D

    ReplyDelete
  3. Wah, asik tuh nonton festival meriam karbitnya sob hehehe...
    Met lebaran juga sob, mohon maaf lahir dan batin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mohon maaf lahir batin juga, terima kasih sudah
      mau berkunjung di sini

      Delete
  4. mhon maaf lhir bthin jga,yaa...:D

    oea,kalau mriam kn biasanya ada lobangnya.klo kayu itu,dlubangi jg,yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf lahir batin kemali :)
      iya kayunya ada lubangnya juga kalau gak salah kayunya dibelah lalu dikeluarkan bagian dalamnya kemudia disatukan kembali dengan cara di ikat

      Delete
  5. happy blogwalking :D
    wahh, seru tuh kayak nya meriam karbitan nya, suara nya pasti lebih kenceng dari suara kentut mas fajar *ehh
    hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 trimakasih udah berkunjung,
      kalau kentut saya mengalahkan suara meriam pasti saya
      sudah masuk world of record dan terkenal
      haha.... ada2 aja

      Delete
  6. aku penasaran sama lepat tau... baru tau soalnya :P

    O ya.. ini kan masih bulan syawal, mohon maaf lahir dan batin ya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... itu makanan khas orang melayu saya pun kurang tahu cara membuatnya :)

      sama2 mohon maaf lahir batin juga mbak aninda :)

      Delete
  7. Minal 'Aidin wal-Faizin ya ^-^.
    wah seru tu, kalo di daerah Qu palingan petasan aza. ketupatnya diganti lepat lau ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketupatnya memang ada, gak diganti dengan lepat lau :D

      Delete
  8. mohon maaf lahir batin ya,wah mau dong itu makanan nya,hehe,saya mah biasa ketupat aja.. :D ada gak ya lagi lebaran menu nya mie instan?hahaha :P :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tahu saya kalau lebaran menu spesialnya mie istan :)

      Delete
  9. blogwalking untuk menjalin persahabatan antar sesama blogger

    ReplyDelete
  10. Wah, cerita lebarannya seru banget ni, Sob. Bisa diikutkan di lomba nulis kenangan unik lebaran.

    http://www.timkomte.com/2012/08/indah-iseng-nulis-dapat-hadiah.html

    ReplyDelete
  11. terima kasih, nanti saya lihat persayaratannya dulu ya :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah bersilahturahmi di blog ini
silahkan berkomentar di sini :

Recent Posts

Recent in Tech

3/Technology/post-list